12.02.2010

HARRY POTTER AND THE CHAMBER OF SCREET





Dalam semua novel serial Harry Potter pasti ada banyak sekali hal-hal yg menarik. Berikut ini adalah sebagian kecil hal menarik yg ada di novel Harry Potter:


 Errol adalah burung hantu keluarga Weasly yg sudah tua
 Hermes adalah burung hantu Percy Weasly, hadiah dari orang tuanya karena menjadi prefek
 Hedwig adalah burung hantu Harry Potter yg berwarna seputih salju hadiah dari Hagrid di tahun pertama di Hogwart
 Mandrake adalah tanaman sihir yg berguna untuk obat penyembuh yg sangat mujarab. Mandrake digunakan untuk mengembalikan orang yg sudah ditransfigurasi atau dikutuk ke wujudnya semula, juga dapat menangkal racun. Jeritan Mandrake bisa berakibat fatal bagi siapa yg mendengarkan. Akar Mandrake berbentuk bayi,berlumpur,daun-daun tumbuh di kepalanya,kulitnya pucat kehijauan, berbercak-bercak,saat dicabut, Mandrake akan menangis menjerit- jerit keras sekali. Saat masih berupa semaian jeritan Mandrake bisa membunuh
 Saat Mandrake mulai murung dan serba berahasia,yg berarti mereka sudah meninggalkan masa kanak-kanak. Saat dewasa, Mandrake akan mulai mencoba saling pindah ke dalam pot temannya ( saat ini Mandrake mengadakan pesta yg keras dan bising )
 Pedang Gryffindor adalah pedang milik Godric Gryffindor, yg hanya bisa bisa ditarik oleh Gryffindor sejati dari topi seleksi.
 Merlin adalah penyihir hebat dan bijaksana dalam legenda Raja Arthur. Gelar kehormatan Order Of Merlin dianugerahkan kepada para penyihir yg berjasa di dunia sihir.
 Squib adalah keturunan penyihir yg tidak bisa menyihir.
 Yak adalah sejenis lembu berbulu panjang yg berasal dari asia tengah.
 Parselmouth/Parseltongue adlah kemampuan untuk berbahasa ular.
 Griffon adalah makhluk berkepala dan bersayap elang, tapi bertubuh singa.
 Burung Phoenix berbulu merah dan keemasan, bisa membawa beban yg berat sekali, air mata mereka berkhasiat menyembuhkan dan merupakan hewan peliharan yg sangat setia. Burung phoenix terbakar kalau sudah waktunya mati dan dilahirkan kembali dari abunya.
 Arithmancy adalah pelajaran matematika versi dunia sihir.
 Rune adalah huruf-huruf alfabhet kumo yg digunakan di Eropa Utara sekitar abad ketiga sampai ketiga belas.
 Fang adalah anjing kesayangan Hagrid.
 Sir Nicholas De Mimsy-Propington (Nick Kepala Nyaris putus) meninggal tanggal 31 Oktober 1492.
 Basilisk (raja ular) bisa mencapaiukuran raksasa, dan hidup sampai ratusan tahun, ditetaskan dari telur ayam, yg dierami oleh katak. Cara Basilisk membunuh sangat luar biasa, karena selain taringnya yg mematikan dan berbisa, Basilisk mempunyai pandangan maut dan semua yg terkena sorot matanya akan langsung mati. Labah-labah melarikan diri dari Basilisk, karena Basilisk adalah musuhnya yg paling ganas, dan Basilisk sendiri hanya menghindari kokok ayam jantan yg bisa berakibat fatal untuknya. Basilisklah yg membunuh Myrtle Merana. Bila sorot matanya di perhatikan dari cermin, maka akan membuat orang yg melihatnya dari cermin berubah menjadi batu.

Kalau berbicara tentang dunia sihir pasti tidak lepas dari mantra-mantra yg menjadi khas dunia sihir. Beberapa mantra yg muncul di novel Harry potter kedua ini adalah :

 Tarantallegra adalah mantra menari (orang yg dikenai mantra ini akan menari tiada henti).
 Finite Incantaten adalah mantra penetral dari mantra Tarantallegra.
 Serpensortia adalah mantra untuk memunculkan ular.
 Obliviate adalah mantra penghapus memori.
 Expelliarmus adalah mantra untuk melucuti senjata lawan (ini adalah mantra penting untuk menghancurkan Voldemort).
 Lumos adalah mantra untuk memunculkan cahaya di ujung tongkat.
 Rictumsempra adalah mantra gelitik.

Ada mantra ada pula ramuan yg aneh-aneh. Ada beberapa ramuan yg terdapat di novel seri kedua ini, yaitu :

 Ramuan merica mujarab adalah ramuan untuk sakit flu. Manjur sekali tetapi dengan efek samping yg meminumnya jadi mengeluarkan asap dari telinganya selam beberapa jam sesudahnya.
 Ramuan pollijus adalah ramuan untuk mentransformasimu menjadi orang lain. Bahannya adalah serangga sayap renda, lintah, mostar, knotgrass, bubuk tanduk Bicorn, selongsong kulit ular pohon saat dia ganti kulit, sedikit bagian dari orang yg ingin menjadi sasaran kita. Mostar harus dicabut pada malam purnama dan serangga sayap renda harus direbus selama 21 hari. Knotgrass adalah tanaman rendah berbunga dadu dan berdaun biru keabu-abuan. Ramuan ini efektif selama 1 jam.
 Skele-Gro adalah ramuan penumbuh tulang.


Itu hanyalah sebagian kecil dari bagian karya yg amat menarik ini. Tentu akan lebih menarik lagi jika anda membaca novel serialnya.

Kamsahamnida.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar